Jumat, 11 April 2014

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional- SMA Ta'miriyah


BAB 1
PENDHULUAN

1.1              Latar Belakang
Sumber Daya Alam Nabati adalah suatu sumber daya yang berkaitan dengan tanaman-tanaman yang ada di alam bebas.Sumber daya alam ini termasuk golongan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.Yaitu sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan secara terus-menerus dan tidak terbatas, tergantung manusianya yang mengolah. Apakah mereka bisa merawat dan menjaga kelestarian tanaman yang ada  dilingkungan ini. Saat ini, banyak didirikan rumah/gedung besar yang membuat lahan yang awalnya bertumbuhkan tanaman, sekarang bertumbuhkan gedung-gedung.
Sedangkan keadaan Indonesia saat ini sungguh memprihatinkan.Karena banyak masyarakat yang belum dapat menjaga kesehatan dengan baik. Padahal, cara untuk menjaga kesehatan tubuh sangatlah mudah jika mereka mau melakukannya. Termasuk dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada itu dapat membuat hidup sehat.Salah satunya dengan memanfaatkan sumber daya alam nabati yang ada dilingkunagn sekitar kita.
Oleh karena itu, berkaitan dengan fakta diatas, kami memiliki gagasan untuk membuat Indonesia menjadi sehat. Dengan cara memanfaatkan dumber daya alam nabati yang ada, dan yang mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa khasiat dan bagaimana cara mengolahnya supaya lebih bermanfaat dan bergizi. Kami akan memproduksi ice cream dari biji nangka (beton), yang biasanya biji nangka tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, kami ingin membuat menjadi produk yang lebih bermanfaat dan lebih disukai oleh masyarakat, terutama kalangan remaja.


1.2              Rumusan Masalah
1.2.1.      Apakah terdapat keterkaitan antara memnfaatkan sumber daya alam nabati dengan pembuatan ice cream dari biji Nangka?
1.2.2.      Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam nabati dengan pembuatan ice cream dari biji Nangka?
1.2.3.      Apakah manfaat yang terkandung dalam Ice cream biji Nangka?


1.3              Tujuan Penelitian
1.3.1.      Mengetahui apakah terdapat keterkaitan antara memnfaatkan sumber daya alam nabati dengan pembuatan ice cream dari biji Nangka?
1.3.2.      Mengetahui cara memanfaatkan sumber daya alam nabati dengan pembuatan ice cream dari biji Nangka?
1.3.3.      Mengetahui manfaat yang terkandung dalam Ice cream biji Nangka?


1
1.4.            Manfaat Penelitian
Agar dapat memanfaatkan sumber daya alam nabati untuk kehidupan Indonesia yang lebih sehat.Karena, dengan memenfaatkan sumber daya alam nabati, yaitu dengan pembuatan ice cream dari biji nangka, kita dapat menghemat biaya pengeluaran yaitu dengan memanfaatkan sumber daya alam nabati yang ada di sekitar kita. Selain itu, dengan cara mencegah sakit, itu lebih baik daripada mengobatinya.


































2
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Pengertian Sumber Daya Alam Nabati
            Sumber daya alam nabati adalah sebagian besar sumber day apangan, berasal dari tanaman budidaya. Contoh sumber daya alam nabati antara lain, pertanian, hutan dan perkebunan.

2.1.1 Sumber Daya Pertanian
Indonesia dikenal sebagai Negara agraris, karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian dibidang pertanian/ bercocok tanam dan statistic pada tahun 2001 menunjukkan bahwa 45% penduduk Indonesia bekerja dibidang agrikultur. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Negara ini memiliki lahan 1 juta lebih dan 1 juta hektar yang telah siap tanam, dimana sebagian besar dapat ditemukan di Pulau jawa. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan, komoditi ekspor, antara lain padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, atau ubi dan singkong. Disamping itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain, karet (bahan baku ban), kelapa sawit (bahan baku minyak goring), tembakau( bahan baku rokok), kapas ( bahan baku tekstil), kopi ( bahan baku minuman), kedelai (bahan baku susu), bunga mawar (bahan baku perasa) dan tebu ( bahan baku gula pasir).

2.1.2 Hutan
Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan (UU RI Nomor 41 Tahun 1999) berdasarkan fungsi pokonya, hutan dibedakan menjadi 3 jenis hutan, antara lain :
a.                   Hutan konervasi, adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertent yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.
b.                  Hutan lindung, adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan alam, penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, memelihara kesuburan tanah.
c.                   Hutan produksi, adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok memproduksi hasil hutan.

2.1.3 Perkebunan
            Tumbuhan merupakan sumber daya alami yang sangat beragam dan melimpah. Organisme ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan pati melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu, tumbuhan merupakan produsen atau penyusun rantai makanan. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan dan hal ini akan berdampak pada rusaknya rantai makanan.

3
Kerusakan yangterjadi karena punahnya salah satu factor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat di atasnya.

2.2 Pengertian Indonesia Sehat
Indonesia sehat adalah suatu lingkungan kondusif yang terbebas dari polusi,tersedianya air besih, sanitasi lingkungan yang memadai, pemukiman yang sehat, perencaan kawasan yang berwawasan kesehatan serta terwujudnya kehidupan masyarakat yang saling tolong menolong. Perilaku masyarakat Indonesia sehat yang diharapkan adalah yang bersifat pro aktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah resiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancman penyakit, berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

2.3 Cara Memanfaatkan Sumber Daya Alam Nabati untuk Indonesia Sehat
Dalam menjaga sebuah kehidupan yang sehat, tidak terlalu sulit untuk menjalankannya. Banyak cara mudah dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Termasuk sumber daya alam nabati.Dengan sumber daya alam nabati, selain mudah menanamnya, juga mudah mengolahnya menjadi suatu bentuk makanan yang tentunya menyehatkan bagi kehidupan terutama di masyarakat Indonesia sendiri. Apalagi, dengan tanah Indonesia yang sangat subur, dapat ditanami berbagai macam tanaman  yang sehat dan bermanfaat bagi kebutuhan sehari-harinya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan tanaman yang belum begitu tau bagaimana cara mengolahnya menjadi makanan yang menyehatkan. Seperti tanaman yang memanfaatkan sarinya yaitu mawar, yang memanfaatkan bijinya yaitu beton dan susu yang berasal dari sari kedelai. Bahan pokok tersebut nantinya akan diolah menjadi makanan yang berupa ice cream sehat.

2.3.1 Tanaman yang bisa dimanfaatkan adalah :
1.                  Bunga mawar
Adalah tanaman semak dari genus rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. nama latin dari bunga mawar adalah Rosa Canina. kami memanfaatkan bunga mawar ini untuk diampil sarinya sebagai bahan tambahan es krim. Beberapa manfaat bunga mawar adalah sebagai berikut:
1.                  Dapat digunakan sebagai aroma teraphy dan farfum
2.                  Sebagai antikejang
3.                  Sebagai pengatur haid
4.                  Menyembuhkan infeksi
5.                  Menyembuhkan sekresi empedu
6.                  Menurunkan panas badan
7.                  Menyuburkan rambut dan menambah warna rambut menjadi hitam
8.                  Mengobati rematik
9.                  Mengencangkan kulit wajah
10.              Menghilangkan bekas jerawat
11.               Berkhasiat untuk meredakan batuk
4
2.                  Biji nangka (beton)
Biji nangka atau yang biasa disebut beton adalah biji yang ada pada buah nangka. Biasanya beton dapat dimakan dengan cara direbus. Tetapi kali ini kami memanfaatkan beton tersebut untuk digunakan sebagai bahan dasar ice cream. Berikut beberapa manfaat biji nangka :
1.                  Merupakan sumber karbohidrat (36,7g/100g)
2.                  Sumber protein (4,2g/100g)
3.                  Sumber energi (165kkal/100g),sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial
4.                  Membantu mengurangi rasa gelisah atau ketegangan
5.                  Berkhasiat menyembuhkan mual mual atau sembelit
6.                  Dapat mengurangi ketidak stabilan sistem pencernaan
7.                  Sumber protein dan kaya akan gizi
8.                  Sumber yang kaya karbohidrat kompleks,seratmakanan,vitamin seperti A,B dan C,dan mineral seperti Kalsium dan seng fosfor.

3.                  Kedelai
Adalah salah satu jenis biji dari genus Glycine.Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Biasannya kedelai dapat diolah menjadi minuman seperti dalam bentuk susu yang biasanya disebut susu kedelai. Pada kesempatan kali ini, kami memanfaatkan kedelai sebagai bahan dasar ice cream yang menyehatkan. Berikut beberapa manfaat susu kedelai :
1.                  Penurun tekanan darah tinggi dan prebiotic
2.                  Menyembuhkan diabetes mellitus
3.                  Menyembuhkan sakit ginjal
4.                  Menyembuhkan rematik
5.                  Mencegah migraine
6.                  Mencegah osteoporosis
7.                  Mencegah penyakit stroke
8.                  Mengatasi gejala menopause
9.                  Mencegah bronchitis
10.              Mencegah penyakit kanker
11.              Mengurangi kadar kolestrol










5
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Alat dan Bahan
Alat :
1.                  Panci
2.                  Baskom
3.                  Sendok
4.                  Gelas ukur
5.                  Mixer
6.                  Blender
7.                  Kain saringan
3.2. Bahan :
1.                  beton
2.                  Sari mawar
3.                  1 kg biji kedelai
4.                  1000 cc air
5.                  1 kg gula
6.                  Ice batu
7.                  Garam grosok
8.                   telur
3.3. Cara mengolah menjadi makanan yang sehat berupa ice cream:
1. Rebuslah biji nangka (beton) dalam panci yang berisi air mendidih. Lalu kupas kulitnya.Setelah itu, blender biji beton tersebut sampai benar-benar halus.
2. Untuk mendapatkan sari mawar, bisa langsung dibeli di toko. Atau juga bisa dibuat dengan cara alami, caranya yaitu ambil 100 gram kelopak bunga mawar, rebus dengan 100 cc air hingga air berkurang 50 cc. Dan jadilah, sari bunga mawar alami. Letakkan sari tersebut dalam wadah yang kering.
3. Untuk membuat susu kedelai, bersihkan dan rendam air selama 10-16 jam. Setelah itu, kupas kulitnya dan bilaslah dengan air.
4. Panaskan kedelai tersebut untuk menghilangkan bau langu biji kedelai.
5. Blenderlah  bijikedelai  tersebutdengan 1 liter air. Lalu saring menggunakan kain yang bersih/kain saringan untuk memisahkan ampas dengan sari susu kedelai. Dan jadilah susu dari kedelai.
6
6.  Setelah itu, rebus susu kedelai tersebut dan campurkan sari bunga mawar dan bubuk beton selama 10 menit.
7. Setelah itu, adonan tersebut letakkan dalam wadah aluminum/stainless yang nantinya akan dimasukkan ke kulkas. Setelah  jam dimasukkan dalam kulkas dan adonan mulai membeku, maka ambil adonan tersebut, lalu mixer selama 10 menit. Kemudian masukkan kembali dalam kulkas lalu ulangi hal tersebut sebanyak 4 kali.Gunanya dilakukan sebanyak 4 kali adalah supaya adonan ice cream tersebut nantinya bisa lembut jika dimakan nantinya.
8. Setelah dilakukan sebanyak 4 kali, maka taruhlah adonan tersebut dalam kulkas supaya menjadi dingin dan lebih membeku.Setelah  diletakkandalam kulkas, ice cream siap disajikan.



















7
BAB IV
PENUTUP
4.1.Kesimpulan

Dengan membuat ice cream dengan bahan dasar diatas,kami mengharap dapat lebih memanfaatkan sumber daya alam nabati yang terkadang masih kecil dalam upaya pemanfaatan.Dan mencoba mengenalkan kepada masyarakat manfaat besar yang ada pada sumber daya alam nabati yang masih sedikit dikenal.

4.2. Saran
Karya tulis ini masih jauh dari kata sempurna.Demi kesempurnaan karya tulis ini,kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca. Semoga apa yang kami tulis dalam karya tulis ini dapat bermanfaat untuk masyarakat.

















8
DaftarPustaka

Http//id.m.wikipedia.org/wiki/kedelai
Http//wiwiksuci.blogspot.com/2012/06/sebelas-manfaat-bunga-mawar.html?m=1
Http//manfaatdaunobat.blogspot.com/2013/07/manfaat-khasiat-susu-kedelai-untuk.html?m=1
Http//jurnal-id.blogspot.com/2013/02/kandungan-dan-manfaat-dari-biji-beton.html?m=1




















9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar