Rabu, 23 April 2014

Wali Kota Risma Incar Lee Kuan Yew Award 2014


  TEMPO.CO, Surabaya---Berhasil menyabet penghargaan kelas dunia Socrates Award 2014 di London, Inggris, tak membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini merasa puas. Dia justru semakin terpacu bekerja lebih keras demi mewujudkan kota Surabaya yang lebih baik lagi. Bahkan, Risma berambisi membawa kota Surabaya agar meraih penghargaan internasional lagi.
     "Dalam waktu dekat, saya ingin Surabaya mendapat Lee Kuan Yew Award 2014. Ini penghargaan yang sangat bergengsi, semua dunia akan memuji-muji," kata Risma, Selasa, 22 April 2014.
Namun, kata dia, ada satu kota yang menjadi pesaing terberat Surabaya, yakni New York. Sebab, kota New York juga berfokus pada pembangunan taman-taman kota. Meski demikian, alumni Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya itu optimistis dapat mengalahkan New York.
    Menurut Risma, ada satu kekurangan dari kota di negeri Paman Sam itu, yakni penanganan masalah sosial. Selama ini, New York lebih menekankan pada pendekatan pendidikan dan kesehatan. "Kota Surabaya unggul di pendekatan sosialnya. Permasalahan-permasalahan sosialnya dapat tertangani dengan baik. Partisipasi masyarakat juga sangat bagus, ini yang paling penting," ujarnya. 
    Meskipun New York lebih maju dalam hal transportasi, Risma tak gentar. Sebab kota Surabaya pun sedang mempersiapkan proyek Mass Rapid Transit sebagai angkutan masa depan. Selain itu, kemacetan di kota Surabaya masih dapat teratasi dengan segala kebijakannya. "Saya juga sudah presentasikan kota Surabaya kepada Duta Besar Singapura, kok."
    Dalam caturwulan pertama tahun 2014 ini, Wali Kota kelahiran Kediri itu telah berhasil meraih tujuh penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Terbaru, pada 16 April lalu, kota Surabaya meraih penghargaan internasional berupa Socrates Award 2014 dari Europe Business Assembly kategori Kota. Risma menerima penghargaan tersebut di London, Inggris, setelah sukses menyisihkan 110 kota di seluruh dunia. 

DEWI SUCI RAHAYU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar